29 Januari 2010

Arti Lambang Farmasi "Bowl of Hygieia"


Pernah terlontar pertanyaan iseng dari temanku yang bukan anak farmasi." Eh sis kenapa sich lambang farmasi itu ular yang melilit pada mangkuk?". Hmm,,aku pun termenung sambil berpikir " Wah, Kenapa ya? Heran selama ini hal tersebut tidak pernah mengusik pikiranku, aku terbiasa menerima hal itu memang sudah begitu adanya". Lantas akupun menjawab sekenanya "Yah,mungkin karena ular itu mengeluarkan bisa yang nantinya ditampung di mangkuk tersebut. Lalu bisa ular tersebut dapat digunakan sebagai obat. Seperti halnya obat,Bisa ular dapat bersifat sebagai obat maupun sebagai racun tergantung takarannya". Temanku pun menjawab "Oh begitu yaa". Namun sebenarnya aku masih belum puas dan yakin dengan jawabanku. Maka aku pun mencari informasi lebih lanjut mengenai hal itu.





Setelah berselancar ria di internet, aku menemukan bahwa ternyata lambang farmasi tersebut merupakan patung yang menggambarkan dewi Yunani-Hygieia-sedang memegang mangkuk dengan ular jinak yang mengitarinya dan seolah minum dari mangkuk tersebut. Hygeia adalah dewi kesehatan, kebersihan dan sanitasi yang merupakan seorang anak dari Asclepius (Dewa pengobatan dan penyembuhan dalam mitologi yunani). Beberapa orang berpendapat bahwa mangkuk Hygeia dan ular merupakan simbol keseimbangan alam di muka bumi. Ular menggambarkan pasien yang bebas memilih untuk mengobati dirinya sendiri atau tidak. Menurut kepercayaan Yunani kuno, ular yang melilit pada mangkuk menggambarkan kebijaksanaan dan kesembuhan. Hal ini dikarenakan ketika orang mati akan berada pada alam baka yang entah baik atau buruk dan ular dipercaya bisa berkomunikasi dengan orang mati tersebut. Bahkan ular juga dipercaya bisa membawa jiwa orang yang telah meninggal untuk membantu kehidupan.

REFERENSI:
Anonim, 2009,Bowl of Hygieia,diakses 26 Januari 2010,[http://en.wikipedia.org/wiki/Bowl_of_Hygieia]
Anonim, 2010, Hygieia, diakses 25 Januari 2010[http://en.wikipedia.org/wiki/Hygieia]
Treante,2008, Asal Lambang Apotik, diakses 25 Januari 2010,[http://reatheryan.wordpress.com/2008/08/09/asal-lambang-apotik/]

4 komentar:

  1. opo'o kQ belut aE y...??!?

    kN lek mati enak iso di sambel_belut
    8-}

    BalasHapus
  2. mantap blognya mbak,,,berkunjung balik ya,,,?

    http://materikuliahjuni.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. ini menurut yang pernah saya pelajari :
    Pada dasarnya obat adalah racun, dan hanya dosislah yang membedakannya. Makna itulah yang juga terdapat pada lambang farmasi, yaitu terdapat ular yang melambangkan racun kemudian melilit pada gelas yang memiliki makna takaran.

    BalasHapus